Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti Informatika Kelas 7

Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti Informatika Kelas 7 – Setelah kalian mengenal secara umum lingkungan pemrograman visual Scratch, kalian akan mulai diajak untuk eksplorasi lebih dalam terkait fungsi. Pemrograman akan menjadi makin kompleks dan akan diajarkan secara bertingkat.

Objek yang dilibatkan dapat lebih dari 1 dan bagaimana mengatur setiap objek tersebut agar dapat menjadi keseluruhan program yang sesuai. Karena ini pemrograman visual, backdrop dan suara juga berperan penting.Melanjutkan tugas sebelumnya, masih dengan aplikasi stratch. Pada aktivitas ini, kalian akan belajar tentang kode Control. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite.

Dengan kode ini, diharapkan kalian dapat mengatur kode program dengan lebih baik. Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kalian menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. Kalian harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga sama pentingnya. Bagaimana langkahnya? Yuk kita simak bersama-sama

Baca Juga:  Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-02 Objek Pertama Kalian, Informatika Kelas 7 SMP

Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti

Apa yang akan terjadi apabila blok

Langkah 1

Dengan menambahkan kode control forever, sprite kucing dapat berjalan per 10 langkah terus- menerus sampai ujung dengan satu kali event (contoh ketika bendera hijau ditekan). Kode untuk perulangan tidak terbatas: forever.

Apa efeknya kalau kode control forever diganti dengan kode control repeat sebanyak 5x?

Jawaban:

Control “repeat” hanya akan mengulang sejumlah nilai yang ditentukan, kalau control “forever” akan terus menerus mengulang hal tersebut.

Tuliskan perbedaannya ketika program dijalankan.

Langkah 2

Kalian dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai costumes yang ada.

Baca Juga: Pembahasan Materi Bagaimana Belajar Programming, Informatika Kelas 7 SMP

Apakah ada sesuatu yang aneh?

Jawaban:

Yang aneh adalah ketika sudah sampai ujung, sprite akan tetap berganti costumes terus menerus.

Bagaimana membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung?

Jawaban:

Untuk membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung dengan, tambahkan kondisi penentu (logikanya: kalau belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak).

Notes:

  • Gunakan kontrol kondisional dengan kode control if-then.
  • Di sini, kalian juga menggunakan kode sensing untuk mengecek apakah objek sudah menabrak batas atau

Menggunakan operator “not” juga karena logika kondisinya ialah: selama belum mencapai ujung, sprite akan terus bergerak sehingga secara otomatis ketika sprite mencapai ujung, sprite tidak akan melakukan aksi apa pun.

Baca Juga: Materi Informatika Bab Algoritma Kelas 7, Mengapa Perlu Belajar programing?

Bagaimana caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190 dan Y:0) setiap mencapai ujung, dan kalau belum ujung sprite akan terus bergerak?

clue: gunakan control if-then-else

Manfaatkan control “if-then-else” (kondisi logika: ketika mencapai ujung, sprite kembali ke titik awal, kalau belum mencapai ujung, akan terus bergerak).

Jawaban:

Caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190 dan Y:0).

Apa yang akan terjadi apabila blok “forever” dihilangkan?

Jawaban:

Yang akan terjadi apabila blok “forever” hilang adalah sprite hanya akan bergerak 1x setiap kali bendera hijau ditekan.

Baca Juga: Download Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas 7 Kurikulum Merdeka – Google Drive

Penutup

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Aktivitas AP-K7-03 Jalan Tanpa Henti yang bisa kurikulum merdeka.id bagikan kepada kalian. Aktivitas yang terdapat pada Buku Informatika Kelas 7 SMP ini bertujuan agar kalian bisa Membuat program sederhana berdasarkan contoh yang diberikan. Kalian juga bisa memodifikasi program untuk mencapai suatu tujuan yang didefinisikan. Menarik bukan?

Tinggalkan komentar