Jawaban Modul Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?

Jawaban Modul Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD? – Halo rekan-rekan guru, untuk menjawab update Pelatihan Mandiri PMM tahun 2023, kurikulum-merdeka.id akan membagikan materi mengenai jawaban post test yang terdapat pada Modul 6: Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran.

Jawaban Modul Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?

Perlu digarisbawahi, bahwa jawaban yang kami bagikan adalah paket lulus untuk setiap post test. Soal yang keluar saat mengerjakan post test sama, namun nomornya berpotensi untuk diacak. Jadi, silahkan rekan-rekan guru bisa mengerjakan post test dengan lebih fokus mengamati isi soal. Namun sebelumnya, jika Anda belum mengerjakan latihan pemahaman dan juga cerita reflektif, rekan-rekan guru bisa mengakses soal dan jawabannya secara lengkap dengan mengklik link berikut ini.

1. Link Latihan Pemahaman Asesmen yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

2. Link Latihan Pemahaman Teknik dan Instrumen Asesmen

3. Link Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar

4. Link Latihan Pemahaman Menyampaikan Laporan Hasil Belajar

Setelah Anda mengerjakan soal dan jawaban yang terdapat pada link di atas, selanjutnya Anda dapat langsung mengerjakan soal post test modul seperti yang tersaji di bawah ini.

Baca Juga: Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Jawaban Modul Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD? (Post Test)

Soal 1 dari 5

Bu Dea pun ingin menggunakan instrumen dokumentasi hasil karya. Apa yang perlu dipahami Bu Dea terkait dokumentasi hasil karya anak?

a. Catatan dalam bentuk tertulis yang difokuskan pada performa atau perilaku menonjol murid.

b. Kumpulan hasil karya anak dapat berupa foto untuk kemudian guru memberikan keterangan berdasarkan cerita anak terhadap hasil karyanya.

c. Kumpulan rekam jejak pembelajaran anak dalam kurun waktu tertentu.

d. Lembar ceklis berupa daftar informasi, data, ciri-ciri, karakteristik, atau elemen yang dituju.

Soal 2 dari 5

Pada anak usia dini, teknik asesmen yang digunakan ialah kinerja dan observasi. Bu Dea ingin mengumpulkan informasi sebagai data asesmen dari tujuan pembelajaran dan indikator berikut:

Tujuan pembelajaran: Anak dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya melalui berbagai media

Indikator ketercapaian: Adanya hasil karya berupa gambar maupun media lain

Pada prosesnya, data yang terkumpul digunakan Bu Dea untuk merancang teknik kinerja. Apa yang perlu dipahami Bu Dea terkait teknik kinerja?

a. Teknik kinerja memberikan kesempatan anak untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang ditentukan guru.

b. Teknik kinerja dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penilaian dari hasil akhir produk sesuai perintah guru, karya yang dihasilkan seragam dan dibatasi ketentuannya.

c. Teknik kinerja menekankan pada hasil akhir produk, bukan pada proses pembuatannya.

d. Guru dapat menilai kinerja murid dalam satu kali pengamatan, tidak perlu secara berkala.

Baca Juga: Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?

Soal 3 dari 5

Dari pengamatan didapatkan data bahwa Doni :

Dapat mengenali nama-nama emosi :

– Doni dapat melabeli emosi “marah” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

– Doni dapat melabeli emosi “senang” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

– Doni dapat melabeli emosi “takut” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

– Doni dapat melabeli emosi “sedih” yang terlihat pada raut wajah berbagai karakter yang ada di buku.

Belum terlihat dapat memilih dan menggunakan strategi pengelolaan emosi yang dikenalkan oleh guru karena Doni tidak mengalami emosi sedih, marah ataupun takut selama 2 minggu pengamatan

Dapat menginisiasi permainan, terlibat dalam permainan, atau mengajak teman bermain bersama :

– Doni mengajak Frea bermain

– Doni menerima ajakan Adit untuk bermain Dinosaurus

– Doni ikut bergabung ketika melihat teman-temannya bermain bola

Dari data pengamatan tersebut maka urutan langkah pembuatan laporan hasil belajar yang sebaiknya dibuat oleh Guru adalah sebagai berikut :

a. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yaitu yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) – Guru merancang kegiatan di sekolah dan rumah yang dapat membantu Doni – Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

b. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yaitu yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) – Guru merancang kegiatan di sekolah yang dapat membantu Doni – Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

c. Guru memilah data pengamatan terhadap Doni menjadi 2 yaitu yang sudah terlihat (mandiri) dan yang belum terlihat (butuh bantuan) – Guru merancang kegiatan di rumah yang dapat membantu Doni – Membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

d. Langsung membuat Narasi untuk mendeskripsikan hasil belajar Doni selama proses pengamatan

Soal 4 dari 5

Saat pembagian raport atau penyampaian hasil belajar murid tiba. Guru Ratna menyambut para orangtua dan kemudian mereka bergiliran masuk untuk mengambil raport dan mendengarkan perkembangan kompetensi dan karakter anak selama pembelajaran dari Guru Ratna. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.45 WIB, masih ada orangtua Dion dan orangtua Ika, sedangkan sesi pembagian raport diharapkan selesai jam 12.00 WIB

Orangtua Dion adalah orangtua yang sangat memperhatikan tumbuh kembang anaknya. Mereka akan sangat detail menanggapi dan bertanya tentang perkembangan Dion.

Dion : Dion dapat mengenali emosi dan berinteraksi dengan teman-temannya. Doni masih belum terlihat dapat mengelola emosi karena dalam pengamatan selama 2 minggu, Doni belum memperlihatkan emosi sedih, marah dan takut.

Orangtua Ika adalah orangtua yang sibuk sehingga tidak punya waktu banyak untuk berdiskusi tentang perkembangan anaknya di sekolah.

Ika : Ika dapat mengenali emosi tetapi Ika masih butuh bantuan saat harus berinteraksi dengan teman-temannya.

Apa yang harus Guru Ratna lakukan untuk dapat memfasilitasi kedua orang tua murid dalam sesi pembagian laporan hasil belajar?

a. Mempersilahkan sesuai urutan dan Guru Ratna langsung menerangkan laporan hasil belajar kepada kedua orangtua murid tersebut.

b. Memberikan Laporan hasil belajar kepada kedua orangtua untuk dibaca terlebih dahulu sebelum mendiskusikannya secara personal.

c. Menawarkan kepada kedua orangtua untuk konsultasi laporan belajar secara bersamaan karena waktu yang tinggal 15 menit.

d. Memberikan laporan hasil belajar kepada kedua orangtua untuk dibaca terlebih dulu dan menawarkan kepada kedua orangtua siapa yang terlebih dahulu ingin konsultasi.

Soal 5 dari 5

Bu Rani mengajar di sebuah PAUD. Dalam prosesnya, Bu Rani mengumpulkan data melalui perilaku teramati yang ditampilkan anak. Adapun hasil pengamatan Bu Rani terhadap salah satu muridnya, Sasya sebagai berikut:

– Jika tidak diajak ngobrol dan bermain bersama temannya, Sasya cenderung menyendiri dan diam.

– Pada saat membuat prakarya hiasan gantung, Sasya menunjukkan ekspresi senang dan antusias. Ia tampak detail menyelesaikan tiap tahapannya.

– Melihat temannya yang kesulitan membuat prakarya, Sasya menunjukkan inisiatif untuk membantu temannya

– Sasya selalu menghabiskan bekal snacknya, mampu membereskan peralatan makan dengan baik

– Disaat teman-temannya antusias mengangkat tangan ketika guru memberikan kesempatan untuk tampil di depan kelas, Sasya tampak tidak antusias dan menunjukkan ekspresi kurang nyaman.

Berdasarkan hasil pengamatan Sasya oleh Bu Rani, manakah yang termasuk perilaku teramati?

a. Perilaku yang ditampilkan anak dalam kelas yaitu hasil belajar

b. Segala hal yang dapat diamati secara langsung, mencakup tingkah laku, proses membuat karya, interaksi sosial

c. Segala hal yang dapat diamati dalam satu kali kegiatan

d. Segala hal yang dapat diamati saat anak menyajikan presentasi tugas

Selesai sudah Anda dalam mengerjakan soal dan Jawaban Modul Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran. Setelah ini Anda bisa mengerjakan post test pada topik dan juga modul lainnya, juga tak ketinggalan mengerjakan latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Anda semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Anda dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Baca Juga: Jawaban Modul Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap

Tinggalkan komentar