Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD – Halo rekan-rekan guru, untuk menjawab update Pelatihan Mandiri PMM tahun 2023, kurikulum-merdeka.id akan membagikan materi mengenai jawaban post test yang terdapat pada Modul 5: Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran.

Table of Contents

Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Perlu digarisbawahi, bahwa jawaban yang kami bagikan adalah paket lulus untuk setiap post test. Soal yang keluar saat mengerjakan post test sama, namun nomornya berpotensi untuk diacak. Jadi, silahkan rekan-rekan guru bisa mengerjakan post test dengan lebih fokus mengamati isi soal. Namun sebelumnya, jika Anda belum mengerjakan latihan pemahaman dan juga cerita reflektif, rekan-rekan guru bisa mengakses soal dan jawabannya secara lengkap dengan mengklik link berikut ini.

1. Link Latihan Pemahaman Meramu Tujuan Pembelajaran

2. Link Latihan Pemahaman Merancang Kegiatan Pembelajaran

Setelah Anda mengerjakan soal dan jawaban yang terdapat pada link di atas, selanjutnya Anda dapat langsung mengerjakan soal post test modul seperti yang tersaji di bawah ini.

Baca Juga: Jawaban Modul Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?

Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD (Post Test)

Soal 1 dari 4

Bu Lita akan mengajar di kelas 1 di tahun ajaran mendatang. Dari catatan bagian penerimaan peserta didik baru, lebih dari setengah anak dalam kelasnya sudah menyelesaikan PAUD. Oleh karena itu, Bu Lita memutuskan untuk langsung melakukan kegiatan belajar dengan target anak-anak mampu membaca di 2 minggu pertama. Langkah yang diambil Bu Lita menurut Anda ….

a. Tepat, anak-anak yang sudah lulus PAUD tentunya sudah mahir calistung

b. Tidak tepat, sebaiknya Bu Lita mengundurkan waktu masuk sekolah untuk yang sudah lulus PAUD dan 2 minggu pertama digunakan Bu Lita untuk menyamakan kemampuan anak-anak yang tidak ikut PAUD

c. Tepat, tetapi Bu Lita harus memastikan anak-anak yang tidak ikut PAUD dapat mengejar ketertinggalannya

d. Tidak tepat, 2 minggu pertama sebaiknya digunakan oleh Bu Lita untuk asesmen awal memetakan kebutuhan dan kondisi anak-anak yang beragam

Soal 2 dari 4

Berikut adalah langkah-langkah menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama awal tahun ajaran baru di kelas 1 secara acak.

1. Identifikasi mata pelajaran yang dapat digunakan

2. Rancang kegiatan yang dapat digunakan untuk mengamati perilaku dari aspek kemampuan fondasi

3. Temukan aspek kemampuan fondasi yang ingin dipantau

4. Identifikasi pertimbangan yang perlu masuk ke dalam rancangan kegiatan pembelajaran ke depan

5. Dokumentasikan informasi tersebut di lembar observasi

Urutan yang tepat adalah ….

a. 3 – 2 – 1 – 5 – 4

b. 3 – 1 – 2 – 5 – 4

c. 3 – 4 – 2 – 1 – 5

d. 3 – 2 – 5 – 4 – 1

Baca Juga: Latihan Pemahaman Membangun Fondasi secara Bertahap dan Berkesinambungan

Soal 3 dari 4

Bu Diana sebagai guru Bahasa Indonesia di kelas 1 sedang memfokuskan pembelajaran pada kemampuan fondasi kesadaran pentingnya menghargai sesama dan kemampuan untuk berempati. Saat merancang pembelajaran, Bu Diana berdiskusi dengan Pak Joni selaku guru Pendidikan Jasmani. Kegiatan yang dapat dilakukan Bu Diana dan Pak Joni agar kemampuan fondasi tersebut dapat dikuasai anak-anak adi kelas tersebut adalah ….

a. Melalui kegiatan berkelompok seperti dalam permainan olahraga, diharapkan anak-anak dapat menerima kelebihan dan kekurangan anggota timnya, serta mengutamakan keikutsertaan semua anggota tim dibandingkan kemenangan.

b. Melalui kegiatan membacakan cerita sambil mempraktikkan gerakan-gerakan dasar koordinasi tangan dan kaki, diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus.

c. Melalui kegiatan mengumpulkan donasi untuk korban bencana alam, diharapkan anak-anak memiliki rasa empati terhadap orang-orang yang kesulitan.

d. Melalui kegiatan menulis halus, diharapkan kemampuan motorik halus anak-anak dapat terasah sehingga membantunya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Soal 4 dari 4

Berikut adalah tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia:

“Anak mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.”

Rencana pembelajaran yang tepat agar selaras dengan tujuan tersebut adalah ….

a. Guru menyajikan sepenggal bacaan bergambar, anak-anak membacakan dengan lantang di depan kelas

b. Guru memberikan gambar sebagai pemantik, anak-anak menceritakan pendapatnya mengenai gambar yang disajikan

c. Guru mengajak anak-anak menggambar berdasarkan cerita yang disampaikan guru

d. Anak-anak menggambar berdasarkan cerita yang disampaikan temannya secara bergantian

Selesai sudah Anda dalam mengerjakan soal dan Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran. Setelah ini Anda bisa mengerjakan post test pada topik dan juga modul lainnya, juga tak ketinggalan mengerjakan latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Anda semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Anda dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan komentar