Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar Beserta Cerita Reflektif

Jawaban Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar, Modul dan Topik Terbaru 2023 – Pelatihan Mandiri pada platform PMM terus mengalami update di tahun 2023. Nah, kali ini kurikulum-merdeka.id akan membagikan materi mengenai jawaban latihan pemahaman materi Laporan Hasil Belajar yang terdapat pada Modul 6: Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?, Topik Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran. Perlu diketahui bahwa materi ini adalah materi terbaru di tahun 2023. Dan modul ini adalah modul keempat atau lanjutan dari dua modul yang terdapat pada topik pertama  Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru.

Jawaban Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar Beserta Cerita Reflektif

Jawaban yang Kami bagikan tidak semuanya merupakan jawaban mutlak, hanya pada jenis soal pilihan ganda saja. Untuk jawaban cerita reflektif bersifat alternatif, namun tetap mengacu pada materi yang disajikan melalui modul dalam platform PMM. Jadi, rekan-rekan guru dapat mengisi jawaban pada kolom cerita reflektif dengan jawaban dari versi kami, versi Anda sendiri, maupun versi lainnya. Yuk, langsung saja kita simak seluruh soal dan jawaban latihan pemahaman pada modul ini.

Baca Juga: Latihan Pemahaman Teknik dan Instrumen Asesmen

Jawaban Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar

1. Proses Asesmen dilakukan dengan observasi berbasis kinerja. Bagaimanakah data hasil asesmen diolah dan dilaporkan, apakah semua harus dilaporkan?

a. Ya, semua data dilaporkan. Data dikelompokkan menjadi 2 area. Area yang sudah dikuasai dan area yang masih butuh bantuan guru/orangtua. Kemudian dibuat Laporan Narasi untuk dilaporkan ke orangtua

b. Tidak semua data dilaporkan. Data dikelompokkan menjadi 2 area. Area yang sudah dikuasai dan area yang masih butuh bantuan guru/orangtua. Kemudian dibuat Laporan Narasi untuk dilaporkan ke orangtua

c. Ya, semua data dilaporkan. Data dikelompokkan menjadi 2 area. Area yang sudah dikuasai dan area yang masih butuh bantuan guru/orangtua.

d. Tidak semua data dilaporkan. Data dikelompokkan menjadi 2 area. Area yang sudah dikuasai dan area yang masih butuh bantuan guru/orangtua.

2. Urutan tahapan pembuatan laporan hasil pembelajaran yang benar adalah sebagai berikut…

a. Mengumpulkan bukti hasil asesmen – mengelompokkan menjadi apa yang sudah dilakukan mandiri dan yang masih perlu dibantu – rekomendasi kegiatan yang bisa dibantu guru

b. Mengumpulkan bukti hasil asesmen – rekomendasi kegiatan yang bisa dibantu guru/orangtua – membuat narasi

c. Mengelompokkan bukti asesmen – rekomendasi kegiatan yang bisa dibantu guru/orangtua – membuat narasi

d. Mengumpulkan bukti hasil asesmen – mengelompokkan menjadi apa yang sudah dilakukan mandiri dan yang masih perlu dibantu – rekomendasi kegiatan yang bisa dibantu guru/orangtua – membuat narasi

Baca Juga: Latihan Pemahaman Asesmen yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Cerita Reflektif Laporan Hasil Belajar

Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawaban: Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi lebih memahami bagaimana cara membuat narasi dari hasil asesmen yang sudah dilakukan. Beberapa langkah dalam merumuskan informasi perkembangan anak adalah sebagai berikut.

1. Pada saat merumuskan hasil asesmen, guru dapat merujuk pada dua pertanyaan pemantik yaitu: a) apa yang sudah baik dicapai oleh anak secara mandiri?, dan b) Apa yang masih perlu dikuatkan dengan dukungan guru maupun orangtua?

2. Dengan mengacu pada kedua pertanyaan pemandu, guru dapat berfokus pada :

a) aspek penting dari kemampuan atau tujuan pembelajaran (learning goals),

b) bukti yang mendukung kemampuan atau tujuan pembelajaran yang sudah dicapai (mandiri) maupun yang perlu penguatan (bantuan),

c) indikator ini merupakan perilaku teramati yang ditampilkan oleh peserta didik, dan

d) bukti-bukti selanjutnya disimpulkan menjadi jawaban atas pertanyaan pemantik.

3. Tindak lanjut yang dapat dilakukan guru untuk membantu anak meningkatkan kemampuannya di sekolah.

4. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada orang tua untuk menguatkan kemampuan anak di rumah.

Setelah merumuskan hasil asesmen dengan langkah-langkah yang diberikan sebelumnya, guru dapat menyusun narasi singkat yang berisikan poin-poin berikut.

● Kesimpulan poin-poin dari hal yang sudah dicapai secara mandiri oleh anak dan yang masih perlu dikuatkan oleh guru maupun orang tua.

● Tindak lanjut untuk diterapkan di sekolah dan rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah.

Selesai sudah Anda dalam mengerjakan soal dan Jawaban Latihan Pemahaman Laporan Hasil Belajar yang terdapat pada Modul 6: Bagaimana melaporkan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD-SD?, Topik Terbaru 2023. Setelah ini Anda bisa mengerjakan soal latihan pemahaman beserta cerita reflektifnya lainnya dengan mengklik link atau tautan yang ada di bawah ini. Oke, sekian informasi kali ini yang dapat kami bagikan. Semoga artikel ini dapat menjawab kebutuhan Anda semua. Dan jika terdapat kekurangan, silahkan Anda dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih.

Baca Juga: Jawaban Modul Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Tinggalkan komentar