Kunci Jawaban Mendiskusikan Isi Ceritas Teks Kerja Sama yang Baik

Kunci Jawaban Mendiskusikan Isi Ceritas Teks Kerja Sama yang Baik – Halo sobat kurikulum merdeka.id, pembahasan kali ini adalah berlatih menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks.

Bacalah teks di bawah yang berjudul Kerjasama yang Baik. Kemudian diskusikan bersama teman tentang isi dari cerita tersebut. Setelah itu kerjakan beberapa soal yang menyertainya.

Langsung saja kita akan masuk dalam pembahasan soal tentang kunci jawaban mendiskusikan isi ceritas teks Kerja Sama yang Baik yang terdapat pada bab VII pada buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV Kurikulum Merdeka. Yuk kita simak bersama !

Kunci Jawaban Mendiskusikan Isi Ceritas Teks Kerja Sama yang Baik Halaman 167

Bacalah cerita “Kerja Sama yang Baik” di bawah ini dengan nyaring secara bergantian!

Kerja Sama yang Baik

“Lunpia … lunpia …,” teriak A Joe siang itu. Dia tak peduli kaki telanjangnya kepanasan. “Huh, mengapa tak ada seorang pun yang mau membeli lunpiaku?” keluh A Joe. Dari kemarin, dia berjalan kaki keliling Kampung Melayu menjajakan lunpia. Namun, ketika orang-orang bertanya apa yang dijualnya, mereka pun pergi begitu saja.

Baca Juga : Kunci Jawaban Mencari Makna Kata pada Teks Nenek Moyang Kita

“Jangan-jangan lunpia buatanku tidak enak? Ah, tetapi orangorang di Pecinan suka,”pikir A Joe masih penasaran. Dia tak mau hanya berjualan di Pecinan. A Joe ingin lunpianya laris dan bisa dinikmati semua orang.

“LUMPIA, LUMPIA!” A Joe tersentak dari lamunannya. Seorang perempuan berteriak lantang. Beberapa orang keluar dari rumah dan membeli. A Joe melihat perempuan itu berjualan penganan yang mirip dengan lunpianya. “Hm, apa buatan dia lebih enak daripada buatanku?” gumam A Joe.

“LUMPIA, LUMPIA!” teriak perempuan itu lagi. A Joe menghadang langkahnya.

“Hei, kamu jualan lunpia ya?” tanya A Joe ketus.

“Lumpia, bukan lunpia,” sahut perempuan itu.

“Bukan! Yang betul lunpia. Lun artinya lunak, pia artinya kue. Itu bahasa Hokkian!” bantah A Joe ketus.

Perempuan itu malah tertawa, “Namaku Warsih. Aku orang Jawa, tak paham Bahasa Hokkian. Lumpiaku berasal dari kata Olympia, karena aku sering jualan di pasar malam Olympia.”

A Joe ternganga, “Oh, begitu, ya?”

Lalu A Joe bertanya, “Kenapa orang-orang Kampung Melayu ini mau membeli lumpiamu? Sedangkan punyaku tak laku.” Wajah A Joe berubah murung.

“Memangnya, lunpiamu isi apa?” tanya Warsih. A Joe lalu menunjukkan lunpia buatannya pada Warsih.

“Rebung dan daging babi.”

Baca Juga : Kunci Jawaban Menandai Suku Kata yang Memiliki Rima pada Lagu Rayuan Pulau Kelapa

Warsih menggeleng. “Kamu lihat kan, penduduk Kampung Melayu banyak yang berasal dari Arab dan Gujarat. Mereka beragama Islam. Itu, ada masjid di sana. Orang Islam, tidak makan babi. Tidak halal. Lumpia buatanku isinya kentang dan udang. Karena itu, mereka bisa memakannya.”

Setelah itu, Warsih berkata lagi, “Sebetulnya, nasib kita sama kok. Lumpia buatanku juga tidak laku di kawasan Pecinan. Mereka tak suka lumpia kentang. Mereka maunya isi rebung.”

A Joe dan Warsih sama-sama terdiam. Namun, sebenarnya otak mereka berpikir keras. Beberapa detik kemudian, wajah A Joe cerah.

“Aku ada ide! Mengapa kita tidak bekerja sama saja? Maksudku, ayo kita ciptakan resep baru supaya semua orang bisa menikmati lunpia buatan kita.”

“Hah? Bagaimana caranya?” Warsih heran. “Apa kita bisa?”

“Tidak ada salahnya mencoba. Bagaimana? Kamu mau mencobanya?” tanya A Joe.

Warsih mengangguk, “Kamu benar juga. Tidak ada salahnya mencoba.”

Warsih dan A Joe berjabat tangan. Sejak saat itu, mereka berdua bekerja sama dalam menciptakan resep baru dan menjajakannya bersama.

Baca Juga : Kunci Jawaban Melengkapi teka-teki silang

Berdiskusi

Diskusikan isi cerita “Kerja Sama yang Baik” bersama-sama.

1. Apa masalah yang dialami tokoh dalam cerita ini?

2. Apa perbedaan penganan buatan A Joe dengan penganan buatan Warsih?

3. Bagaimana perasaan A Joe dan Warsih ketika orang-orang menolak penganan buatan mereka?

4. Apa usaha A Joe dan Warsih untuk mengatasi masalah mereka?

5. Menurut kalian, mengapa Warsih mau mengikuti rencana A Joe?

6. A Joe dan Warsih sepakat untuk menciptakan resep lumpia baru. Menurut kalian, bagaimana perbedaan lumpia versi lama mereka dengan versi yang baru?

7. Apakah menurut kalian cerita ini berdasarkan kisah nyata? Dari mana kalian mengetahuinya?

8. Menurut kalian, bagaimana proses percampuran budaya/akulturasi lewat makanan ini?

Baca Juga : Kunci Jawaban Soal tentang Teks Anak-Anak Merapi

Jawaban :

1. Masalah yang dialami oleh tokoh dalam cerita adalah lunpia yang dijual A Joe tidak laku jika dijual di Kampung Melayu, sedangkan lumpia yang dijual Warsih tidak laku jika dijual di Kawasan Pecinan.

2. Perbedaan penganan buatan A Joe dengan penganan buatan Warsih adalah lunpia A Joe berisi rebung dan daging babi, sedangkan lumpia Warsih berisi kentang dan udang.

3. A Joe dan Warsih merasa bingung ketika orang-orang menolak penganan buatan mereka.

4. Usaha A Joe dan Warsih untuk mengatasi masalah mereka adalah dengan bekerjasama dalam menciptakan resep baru dan menjajakannya bersama.

5. Menurut saya Warsih mau mengikuti rencana A Joe karena berpikir tidak ada salahnya mencoba menciptakan resep baru agar bisa dinikmati semua orang.

6. Perbedaanya adalah versi lama berbahan rebung, daging babi, kentang, dan udang sedangkan versi baru isi dari lumpia diubah menjadi ayam atau udang yang dicampur dengan rebung serta dibungkus dengan kulit lunpia khas Tiong Hoa.

7. Cerita Kerjasama yang baik menurut saya diangkat dari kisah nyata karena di akhir cerita terdapat informasi tambahan mengenai sejarah lumpia.

8. Proses percampuran budaya dalam makanan ini, ditunjukan dengan nama, isian lumpia yang disesuaikan dengan masyarakat asli atau masyarakat setempat (tempat kaum pendatang menetap) sehingga tidak meninggalkan unsur asli kebudayaannya.

Baca Juga : Kunci Jawaban Menemukan Kosakata Baru dalam Teks “Sabana Sumba”

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang kunci jawaban mendiskusikan isi ceritas teks Kerja Sama yang Baik yang terdapat pada materi bab VII Bahasa Indonesia kelas 4 SD. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat menambah pengetahuan mengenai cara menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks. Sehingga akan lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan selanjutnya. Selamat belajar !

Disclaimer : Jawaban dalam pembahasan soal di atas merupakan salah satu referensi dalam menjawab soal dan bukan sebagai acuan utama. Oleh karena itu jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan masih bisa dikembangkan.

Tinggalkan komentar