Kunci Jawaban IPAS Halaman 93-94 Kelas 4 SD/MI

Kunci Jawaban IPAS Halaman 93-94 Kelas 4 SD/MI — Halo adik-adik semuanya, salam sehat dan terus belajar. Berikut jawaban pada soal “Uji Pemahaman” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi Bab 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita” Topik D “Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara?”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 93-94 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 93-94 Kelas 4 SD/MI

Uji Pemahaman

1. Ke manakah Arah Gayanya?

Deskripsikan gaya yang terjadi serta arahnya pada gambar gambar berikut

Jawaban

– Saat menimba sumur terjadi gaya tarik. Arah gaya akan ke bawah atau mendekati anak yang menimba.
– Saat mendorong meja terjadi gaya dorong. Arah gaya akan mengikuti arah dorongan.
– Saat mencabut rumput terjadi gaya tarik. Arah gaya pada gambar yaitu ke atas.
– Saat memaku terjadi gaya dorong. Arah gaya pada gambar ke bawah.

2. Mendeskripsikan Gambar

Gaya ada di sekitar kita. Perhatikan gambar-gambar berikut dan jelaskan bagaimana cara orang yang ada di dalam gambar menggunakan gaya. Sertakan tujuannya juga ya. Perhatikan contoh cara menjawabnya.

Sekarang giliran kalian menggambar aktivitas yang sering kalian lakukan dengan menggunakan gaya

Jawaban

– Saat menimba sumur terjadi gaya tarik. Arah gaya akan ke bawah atau mendekati anak yang menimba.
– Saat mendorong meja terjadi gaya dorong. Arah gaya akan mengikuti arah dorongan.
– Saat mencabut rumput terjadi gaya tarik. Arah gaya pada gambar yaitu ke atas.
– Saat memaku terjadi gaya dorong. Arah gaya pada gambar ke bawah.

3. Studi kasus

a. Aga hendak membeli sepeda untuk dipakai pergi ke sekolah setiap harinya. Jalan yang harus ditempuh untuk menuju ke sekolahnya terbuat dari tanah. Terkadang jika telah hujan, jalanan ini menjadi lebih licin. Saat di toko sepeda, Aga mendapati 2 jenis sepeda yang berbeda bentuk bannya. Dilihat dari kondisi jalanan yang akan dilewati Aga, menurut kalian sepeda mana yang harus Aga pilih? Mengapa? (petunjuk: gunakan pemahaman kalian mengenai sifat gaya gesek untuk membantu Aga.)

Jawaban

Sebaiknya Aga memilih sepeda B karena jalan yang dilalui Aga adalah jalan berbatu dan dari tanah. Untuk mencegah Aga tergelincir lebih baik Aga memilih sepeda yang permukaan rodanya lebih kasar

b. Pernahkah kalian melihat parasut? Alat ini dipakai sebagai alat penyelamat dalam pesawat jika terjadi kondisi darurat saat terbang. Orang akan terjun bebas dari pesawat dengan menggunakan parasut. Menurut kalian mengapa desain parasut harus dibuat lebar dan terbuat dari bahan yang ringan? (petunjuk: gunakan pemahaman kalian pada topik gaya gravitasi untuk menjawab pertanyaan).

Jawaban

Desain parasut dibuat lebar agar saat dipakai tidak langsung jatuh, namun akan seperti melayang-layang di udara terlebih dahulu. Bentuk parasut yang lebar membuat saat jatuh lebih banyak dihambat udara. Selain itu juga membuat saat jatuh lebih banyak dihambat udara.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban IPAS Halaman 93-94 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Kunci Jawaban IPAS Halaman 85 Kelas 4 SD/MI
Kunci Jawaban IPAS Halaman 86-87 Kelas 4 SD/MI
Kunci Jawaban IPAS Halaman 88 Kelas 4 SD/MI
Kunci Jawaban IPAS Halaman 92 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar