Cara Input Data Guru Penggerak ke Dalam Aplikasi Dapodik

Cara Input Data Guru Penggerak ke Dalam Aplikasi Dapodik –¬†Dalam era digital saat ini, teknologi telah membawa kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu contohnya adalah penggunaan aplikasi Dapodik untuk mengelola data guru di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini, proses pengelolaan data guru menjadi lebih efisien dan terstruktur. Namun, terkadang masih ada beberapa tantangan, terutama dalam penginputan data sertifikat guru penggerak ke dalam aplikasi tersebut.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, banyak guru yang mengikuti program pendidikan guru penggerak dan memperoleh sertifikat sebagai pengakuan atas kompetensi mereka. Namun, setelah memperoleh sertifikat tersebut, langkah selanjutnya adalah memasukkan data yang terkandung di dalamnya ke dalam aplikasi Dapodik. Proses ini memerlukan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah yang perlu diambil dan cara melakukan penginputan data dengan benar.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang proses penginputan data sertifikat guru penggerak ke dalam aplikasi Dapodik. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah dipahami, serta tips dan trik untuk memastikan data terinput dengan akurat dan efisien. Dengan demikian, diharapkan artikel ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi operator Dapodik sekolah dan para guru yang ingin memastikan data sertifikat mereka tercatat dengan baik dalam sistem pendidikan nasional.

Cara Input Data Guru Penggerak ke Dalam Aplikasi Dapodik

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang penginputan data guru ke dalam aplikasi Dapodik, khususnya untuk guru yang telah memiliki sertifikat guru penggerak. Tahukah Anda bahwa setelah memperoleh sertifikat tersebut, penting untuk memasukkan data yang terkandung di dalamnya ke dalam aplikasi Dapodik? Proses ini biasanya dilakukan oleh operator Dapodik di sekolah masing-masing.

Jadi, bagi para guru yang telah memperoleh sertifikat guru penggerak dan ingin data sertifikatnya dimasukkan ke dalam aplikasi Dapodik, Anda dapat meminta bantuan kepada operator Dapodik di sekolah Anda. Namun, bagi yang ingin melakukan proses ini sendiri, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menginputkan data sertifikat guru penggerak ke dalam aplikasi Dapodik.

Langkah 1: Input Data Sertifikat Guru Penggerak

  1. Buka aplikasi Dapodik dan masuk menggunakan akun guru yang bersangkutan.
  2. Klik menu “GTK”, lalu pilih “Guru”.
  3. Temukan nama guru yang ingin Anda inputkan datanya, kemudian klik menu “Ubah”.
  4. Pada bagian data rincian GTK, cari dan klik menu “Rwy. Sertifikasi”.
  5. Selanjutnya, klik “Tambah”.
  6. Isilah seluruh data yang diminta sesuai dengan informasi yang tertera pada sertifikat guru penggerak:
    • Pilih “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” pada kolom “Kode Lembaga Sertifikasi”.
    • Pilih bidang studi yang sesuai dengan bidang guru yang bersangkutan.
    • Pilih “Sertifikat Guru Penggerak” pada kolom “Jenis Sertifikasi”.
    • Isikan tanggal mulai berlaku sesuai dengan sertifikat guru penggerak.
    • Kosongkan kolom “Tanggal Habis Berlaku”.
    • Isikan nomor sertifikat yang tertera pada sertifikat guru penggerak.
    • Isikan nomor registrasi yang tertera pada sertifikat guru penggerak.
    • Isikan nomor peserta UKG yang terdapat di SIMPKB.
    • Kolom kualifikasi dapat dikosongkan.
  7. Terakhir, klik “Simpan”.

Langkah 2: Input Data Diklat Guru Penggerak

Setelah menyelesaikan langkah pertama, lanjutkan dengan langkah berikutnya:

  1. Masih di bagian “Data Rincian GTK”, klik menu “Diklat”.
  2. Pada kolom “Jenis Diklat”, pilih “Diklat Fungsional Kependidikan”.
  3. Ketikkan “Pendidikan Guru Penggerak” pada kolom “Nama”.
  4. Masukkan nomor sertifikat diklat yang tertera pada sertifikat guru penggerak.
  5. Ketikkan nama penyelenggara diklat pada kolom “Penyelenggara”.
  6. Masukkan tahun pelaksanaan diklat guru penggerak.
  7. Ketikkan “Peserta” pada kolom “Peran”.
  8. Ketikkan “Pusat” pada kolom “Tingkat”.
  9. Masukkan jumlah jam diklat yang tertera pada sertifikat guru penggerak.
  10. Terakhir, klik “Simpan”.

Dengan demikian, Anda telah berhasil menginputkan data sertifikat guru penggerak ke dalam aplikasi Dapodik. Semoga panduan ini bermanfaat bagi operator Dapodik sekolah dan para guru yang ingin memastikan data sertifikat mereka tercatat dengan baik di aplikasi Dapodik. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada operator Dapodik di sekolah Anda. Selamat mencoba!

Penutup

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan sistem pendidikan di Indonesia, penting bagi semua pihak terlibat untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Pengelolaan data guru penggerak di dalam aplikasi Dapodik adalah salah satu langkah menuju efisiensi dan kualitas pendidikan yang lebih baik. Dengan memastikan bahwa data sertifikat guru penggerak terinput dengan benar dan akurat, sekolah-sekolah dapat lebih mudah melakukan pemantauan terhadap kompetensi guru dan merencanakan program pengembangan profesional yang sesuai.

Tantangan yang dihadapi dalam penginputan data guru penggerak ke dalam aplikasi Dapodik merupakan bagian dari proses transformasi pendidikan yang sedang berlangsung. Dengan kerjasama antara guru, operator Dapodik, dan pihak terkait lainnya, diharapkan setiap guru penggerak dapat tercatat dengan baik dalam sistem pendidikan nasional. Dengan demikian, kita dapat lebih memperkuat fondasi pendidikan yang kokoh untuk generasi masa depan Indonesia.

Sebagai penutup, mari kita terus mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan mengoptimalkan pengelolaan data guru penggerak dalam aplikasi Dapodik, kita dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam mempersiapkan generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan, dan mari kita terus berkolaborasi untuk mencapai visi pendidikan yang lebih baik bagi bangsa kita. Terima kasih atas perhatiannya!

Tinggalkan komentar